4 PABRIK PUPUK ILEGAL DI WONOGIRI DI BONGKAR POLDA JATENG

4 PABRIK PUPUK ILEGAL DI WONOGIRI DI BONGKAR POLDA JATENG

4 PABRIK PUPUK ILEGAL DI WONOGIRI DI BONGKAR POLDA JATENG

Polda Jateng telah membongkar 4 pabrik pupuk yang ilegal di Wonogiri. Adapun informasi lain yang di ketahui terkait kejdian ini, bahwasannya Polda Jawa Tengah membongkar peredaran pupuk ilegal di Dukuh Pule, Desa Gedong, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Polisi menyita sedikitnya 10 ribu sak pupuk palsu Phonska serta mengamankan 6 orang tersangka.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, pabrik pupuk palsu tersebut diperkirakan sudah beroperasi selama 5 tahun terakhir. Dalam sebulan omzet rata-rata mencapai Rp1,2 miliar. Menurut Kapolda, petugas telah mengamankan sejumlah barang bukti. Petani yang tertipu pupuk NPK-PHONSKA, lanjut dia, juga telah melaporkan ke Polres Klaten.

Kemudian, Rycko menyampaikan, berdasarkan hasil penyelidikan, petugas menemukan lokasi pabrik pupuk palsu di Wonogiri Jawa Tengah dan Gunung Kidul, Yogyakarta. Setelah pengembangan, petugas langsung melakukan penggerebekan di 7 pabrik pembuatan pupuk palsu. 4 pabrik berlokasi di Kabupaten Wonogiri dan sisanya di wilayah Gunung Kidul.

Setelah itu, keenam pelaku telah di tetapkan sebagai tersangka, yakni Agus Susilo, Deni pratmono, Eko Wahyudi, Sularno, Kallyo, dan Rohmadi. Para tersangka ini masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda Jawa Tengah dan Polres Wonogiri. Menurut pihak Kapolda, Pupuk palsu yang di jual tersebut dari bahan bahan seperti kaolin, kalsit, baras dan cairan mikroba. Sedangkan di Gunung pupuk, pupuk di campur dengan kotoran kelelawar agar tercimpta aroma pupuk asli.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku dijerat Pasal 122 juncto Pasal 73 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang Sistem budidaya Pertanian Berkelanjutan dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 3 miliar. Undang Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar.

Comments

Popular posts from this blog

USAI TONTON PORNO GAY BOCAH 7 TAHUN DI SODOMI PELAKU

VIRAL! VIDEO WANITA BUKA BAJU DI SUMMARECON MALL BEKASI

PEMBELI BAYI YANG MASIH BERUSIA 3 HARI DI RINGKUS POLISI, HARGA BAYI RP.3,8 JUTA